Jumat, 27 April 2018

Anak Muda Pandai Pahami Makna Toleransi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa dalam hidup kemajemukan yang diperlukan  adalah kerendahatian dalam beragama. Disampaikan Menag saat membuka Temu Kebangsaan Orang Muda Tahun 2018 yang ketiga di Bogor, Jumat (27/04).

“Hidup di tengah keragaman perlu adanya toleransi dan hakekat toleransi itu adalah menghargai dan menghormati setiap perbedaan serta bukan menegasikan satu sama lain,” ujar Menag.

Menurut Menteri Agama kegiatan ini sangat strategis dalam rangka agar kaum muda lintas agama memiliki pemahaman yang baik terkait tentang agamanya masing-masing dan ajaran agama lain yang selama ini boleh jadi mereka tidak mengetahuinya.
“Dengan mereka memahami dan mengetahui lebih dalam terkait keragaman agama yang dianut sesama saudara bangsa, maka saya yakin insya Allah bisa mewujudkan kerukunan dan kedamaian di antara kita,” ujar Menag.
“Inilah salah satu cara kita memelihara, menjaga sekaligus memelihara keindonesiaan kita di tengah kemajemukan dengan mengangkat isu-isu kekinian. Harapannya dengan ketika saatnya memimpin negara bangsa ini, mereka sudah dibekali dengan wawasan yang cukup,” lanjutnya.
Acara Temu Kebangsaan Orang Muda Tahun 2018 ini pesertanya adalah anak muda yang berasal dari Komunitas lintas agama seperti PERADAH, KWI, PGI, Gusdurian, ANBTI. Bahkan di Tembang kali ini ada beberapa peserta yang berasal dari luar Jabodetabek, seperti Samarinda Kalimantan Timur dan Papua. Anak Muda yang hadir namoak begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Acara TEMBANG ini akan berlangsung sampai hari Minggu, 29 April 2018.
Lukman Hakim selaku menteri agama berharap kegiatan ini akan tetap berlanjut terus menerus. Dalam acara pembukaan kemarin tampak hadir  pula Kakanwil Kementerian Agama Jawa Barat Buchori dan Kepala Kankemenag Kabupaten Bogor.
(Sundari Janur Anggita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hari Pertama UAS, Banyak Mahasiswa Belum Siap

Jakarta- Senin (2/7); Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAH DNJ) sedang melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) hari per...